Senin, 08 Oktober 2012

SEJARAH SINGKAT GERAKAN PRAMUKA SEDUNIA

SEJARAH SINGKAT GERAKAN PRAMUKA SEDUNIA
Untuk dapat memahami hakekat kepramukaan, kita perlu mempelajari sejarah berdirinya dan berkembangnya gerakan pramuka sedunia.kalau kita pelajari sejarah tersebut,kita tidak terlepas dari riwayat hidup pendiri kepramukaan sedunia yaitu“ROBERT STEVENSON SMYTH LORD BADEN POWELL OF GILWELL”.Pengalaman hidup beliau tercetus untuk mengeluarkan gagasanmengenai pembinaan para remaja di Negeri Inggris.Baden powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di London.nama sebenarnya adalah ROBERT STEVENSONSMYTH,sedangkan ayah beliau seorang fropesor geometri di Universitas Oxford yang meninggal ketika Stevenson masihkecil.pengalaman-pengalaman beliau ditulis dan dibukukan menjadi sebuah buku dengan judul “ AIDS TO SCOUTING” yang sebenarnya memberi petunjuk kepada tentara muda Inggris agar dapat melakukan tugas penyelidik dengan baik.Tuan William Smyth sebagai salah seorang pimpinan Boys Brigade di Inggrisminta agar Baden Powell melatih anggotanya,lalu dipanggil lahsebanyak 21 orang pemuda dari Boys Brigade diberbagai wilayah negeri Inggris diajak berkemah dan berlatih di pulau“BROWNSEA” pada tanggal 25 Juli 1907 selama 8 hari.Tahun 1910 Baden powell minta pensiun dari Tentara dengan pangkat terakhir Letjen.beliau mendapat titel Lord dari RajaGeorge pada tahun 1929.Baden powell menikah dengan “OLAVEST CLAIR SOAMES” pada tahun 1912 dan dianugerahi 3 orang anak yang bernama : “FITTER’HEATER’BETTY”. Baden powell meninggal pada tanggal 8 January 1941 di Nyeri,Kenya,Afrika.

KEPRAMUKAAN SEDUNIA
  1. Pada awal tahun 1908 Baden powell selalu menulis cerita pengalamanya sabagai bungkus acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. kumpulan tulisanya itu kemudian terbit sebagai buku “SCOUTING FOR BOYS” buku ini cepat tersebar keseluruh Negeri Inggris. bahkan di Negara-negara lainya dan berdirilah di mana-mana. organisasi Kepramukaan yang semula hanya untuk anak laki-laki berusia Penggalang yang di sebut “BOYS SCOUT”.
  2. Kemudian disusul berdirinya organisasi kepramukaan putri yang di beri nama “GIRL GUIDES” atas bantuan adik Perempuan nya yang bernama AGNES dan kemudian diteruskan oleh Nyonya Baden powell.
  3. Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia Siaga yang disebut “CUB” (anak serigala) dengan buku “THE JUNGGLEBOOK” berisi cerita tentang “MOWGLI” anak didikan rimba (anak yang dipelihara dihutan oleh induk serigala) karangan “RUDYARD KIPLING” sebagai cerita pembungkus CUB tersebut.
  4. Tahun1918 Baden powell membentuk “ROVER SCOUT” pramuka usia Penegak untuk menampung mereka yang sudah lewat usia 17 tahun,tetapi masih senang giat dibidang kepramukaan.tahun 1922 Baden powell menerbitkan buku “ROVERING TO SUCCESS” mengembara menuju bahagia yang berisi petunjuk bagi para pramuka penegak dalam menghadapi hidupnya,agar mencapai kebahagiaan.

JAMBORE DUNIA
  • Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).
  • Tahun 1924 Jambore II di Ermelunden, Copenhagen, Denmark
  • Tahun 1929 Jambore III di Arrow Park, Birkenhead, Inggris
  • Tahun 1933 Jambore IV di Godollo, Budapest, Hongaria
  • Tahun 1937 Jambore V di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
  • Tahun 1947 Jambore VI di Moisson, Perancis
  • Tahun 1951 Jambore VII di Salz Kamergut, Austria
  • Tahun 1955 Jambore VIII di sutton Park, Sutton Coldfild, Inggris
  • Tahun 1959 Jambore IX di Makiling, Philipina
  • Tahun 1963 Jambore X di Marathon, Yunani
  • Tahun 1967 Jambore XI di Idaho, Amerika Serikat
  • Tahun 1971 Jambore XII di Asagiri, Jepang
  • Tahun 1975 Jambore XIII di Lillehammer, Norwegia
  • Tahun 1979 Jambore XIV di Neishaboor, Iran tetapi dibatalkan
  • Tahun 1983 Jambore XV di Kananaskis, Alberta, Kanada
  • Tahun 1987 Jambore XVI di Cataract Scout Park, Australia
  • Tahun 1991 Jambore XVII di Korea Selatan
  • Tahun 1995 Jambore XVIII di Belanda
  • Tahun 1999 Jambore XIX di Chili, Amerika Selatan
  • Tahun 2003 Jambore XX di Thailand
  • Tahun 2007 Jambore XXI di Hylands Park Inggris
  • Tahun 2011 Jambore XXII di Rikaby, Swedia
  • Tahun 15 Jambore XXIII di kirarahama, Jepang
Pramuka wanita tertua AS adalah Cristine sam berusia 88 tahun,ia tanggal bersama anaknya di Alabama AS.Cristine sam mengikuti kegiatan pramuka sejak berusia 15tahun,tepatnya pada tahun1923 kalau dihitung tak kurang 73 tahun.Cristine sam tercatat sebagai anggota pramuka tertua di AS,ia telah banyak mendapat tanda kecakapan sebanyak 21 buah.Cristine sam menjadi asisten pemimpin 20 anggota yang terdiri dari Remaja dan Wanita, meskipun usianya telah lanjut ia masih suka Camping,menjelajah hutan dan juga berenang sejauh 1,6km.

HAK PATENT 

  • Lambang atau tanda Silhoette tunas kelapa dengan nomor 176643 tanggal 22 Oktober 1983
  • Tulisan pramuka dengan nomor 176517 tanggal 18 Oktober 1983.
  • Lambang atau tanda gambar tunas kelapa dilingkari padi dan kapas dengan nomor178518 tanggal 18 oktober 1983
BIRO KEPRAMUKAAN SEDUNIA

  • Biro kepramukaan sedunia putra hanya mempunyai 40orang tenaga staf yang ada di Geneva dan 5 kantor kawasan yaitu : Costa rika,Mesir,Philipin,Swiss dan Nigeria.
  • Biro kepramukaan sedunia putri sampai sekarang tetapberada di London dan juga mempunyai kantor di 5 kawasan yaitu: Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika Latin.
LAMBANG KEPANDUAN

Lambang kepanduan terbagi atas 2 yaitu:-Bunga lili atau Wosm (putra).-Bunga semangi (putri). Arti dari lambang kepanduan: 
Warna Biru : Melambangkan Perdamaian, Bintang : Melambangkan Keuhanan Yang Maha Esa, Bunga 3 : Melambangkan Tri Satya, 
Tali yang mengikat : Melambangkan bangsa Indonesiaselalu bersatu.Lambang pramuka untuk putra sedunia disebut : “BOYSSCOUT”.Lambang pramuka untuk putri sedunia disebut : “GIRLGUIDE”.

SKU

Pengertian SKU

SKU adalah : Untuk memberi rangsangan dan kepercayaankepada anak didik untuk melakukan suatu dengan tindakandengan rasa tanggung jawab.
  
Arti Warna SKU
  1. Warna hijau= siaga Pembimbingan atau pembinaan dalam memetik kehidupan.
  2. Warna merah=penggalang Berani bertanggung jawab apabila melakukan suatu perbuatan.
  3. Warna kuning= penegak Berjiwa kepemimpinan dan pengbdian yang luhur.
BENTUK DAN ARTI KIASAN LAMBANG PRAMUKA

Bentuk lambang gerakan pramuka adalah gambar bayangan(silhoutte)tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka adalah sebagai berikut:
  1. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Danistilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru. Jadi lambangbuah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsaindonesia.
  2. Buah nyiur dapat bertahanlama dalam keadaanbagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwasetiap pramuka adalah seorang pramuka yang rohaniahdan jasmaniah,sehat,kuat, dan ulet sertabesarnyatekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalamhidup dalam menempuh segala ujian dankesukaran/mengabdi terhadap tanah air bangsaIndonesia.
  3. Nyiur dapat tumbuh dimana-mana yang membuktikanbesarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinyaterhadap masyarakat dimana ia berada dalam keadaanyang bagaimanapun juga.
  4. Nyiur yang tumbuh menjulang keatas dan merupakansalah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka
  5. mempunyai cita-cita yang tinggi, lurus,mulia dan jujur serta ia tetap tegak tidak mudah di ombang-ambingkanoleh sesuatu.
  6.  Akar nyiur yang tumbuh kuat dan erat dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasanyang baik,benar,kuat, dan nyata. Ialah tekad dankeyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
  7. Nyiur adalah pohon serbaguna dari ujung atas hinggaakarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikandiri kepada tanah air, bangsa, dan negara kesatuan RIserta kepada umat manusia.
SATUAN BEREGU DI DALAM KEPRAMUKAAN

  • Satuan kecil untuk siaga disebut BARUNG(tempat penjaga ramuan bangunan)satuan yang terdiri beberapa barung disebut perindukan(tempat dimanaanak cucu ngumpul)
  • Satuan untuk penggalang disebut REGU(Gardu pangkalan meronda)satuan yang terdiri dari berbagai regu disebut pasukan(tempat suku berkumpul)
  • Satuan terkecil dalam penegak disebut SANGGARumah kecil untuk orang yang diberi tanggung jawabmenggarap sawah atau ladang
  • Satuan kecil untuk pandega disebut RACANA(pondasi alas tiang /umpak atap)
Satuan perindukan siaga, Satu pasukan penggalang, Satu ambalan penegak dan Satu racana pandega Bersama merupakan satu gugus depan (kombinasi satuan) yangbertugas didepan,terdepan yang langsung menghadapi tantangn.

SALAM PRAMUKA

Salam pramuka terbagi atas 3:
  1. Salam biasa digunakan apabila bertemu dengan teman yangsebaya atau seusia dengan kita.
  2. Salam Hormat digunakan apabila bertemu dengan pembina atauorang yang lebih tua dari pada kita.
  3. Salam Janji digunakan apabila dalam pelantikan atau acara resmi  pramuka.
PRINSIP DASAR METHODIC PADA KEPRAMUKAAN

 
  1. Di ciptakan oleh baden powell di tulis dalam anggaran dasar kepramukaan sedunia bab Iv sebagai berikut :
  2. Kewajiban terhadap tuhan dan agama
  3. Setia kepada negara
  4. Persahabatan dan persaudaraan dunia
  5. Menolong sesama hidup
  6. Satya dan dharma pramuka
  7. Kesukarelaan
  8. Non politik 
Methode latihan yang unik bagi anak dan pemuda dalam bentuk kegiatan yang diarahkan untuk menyiapkan mereka menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan atas dasar 
  • Sistem beregu
  • Sistem tanda kecekapan
  • Kegiatan di alam terbuka
SEJARAH SINGKAT BENDERA PUSAKA

Bendera merah putih dikibarkan pada tanggal 20 Oktober 1920 dan di tetapkan sebagai Bendera RI pada tanggal 17 agustus1945. Yang menjahit Bendera Merah Putih adalah Ibu Fatmawati  Soekarno selama satu hari satu malam dan bendera belanda di sobek oleh 3 orang pejuang arek-arek Suroboyo yang bernama :
  1. Kusno wibowo
  2. Haryanto
  3. Sutrisno
SEJARAH SINGKAT LAGU INDONESIA RAYA

Lagu indonesia raya di ciptakan oleh wr.supratman kaoemmoeda. Ayahnya bernama mas senen sastro soehardjo.Wr.supratman lahir pada tanggal 09 maret 1903 di jatinegara danbeliau wafat pada malam selasa tanggal 16 agustus 1938 di surabaya. Lagu indonesia raya ini pertama kali di nyanyikan dandi iringi dengan alat musik gesek(biola)

UKURAN SETANGAN LEHER/KACU

Pita Leher Putra :

  • Siaga : ± 90cm
  • Penggalang : ± 100cm
  • Penegak/pandega/pembina:±120-136 cm
Pita Leher Putri 

  • Siaga : 80cm
  • Penggalang : 90cm – 100cm
  • Penegak/pendega/pembina:100-110 cm

SAKA DI INDONESIA

  1. Saka Bahari (Angkatan Laut)
  2. Saka Bhayangkara (Polisi)
  3. Saka Dirgantara (Angkatan Udara)
  4. Saka Taruna Bumi (Kehutanan)
  5. Saka Kencana (KB)
  6. Saka Bhakti Husada (PMR)
  7. Saka Wana Bakti (Penghijauan)
  8. Saka Wira Kartika (Angkatan Darat) 
TAPEL PRAMUKA

  1. Amblem Lambang tunas kelapa yang berbentuk segi empat terbuat dari seng yang terletak di topi atau baret.
  2. Ring-ring setangan leher berbentuk bulat seperti cincin yang terbuat dari rotan atau seng yang terletak di setangan leher atau kacu.
  3. Setangan leher atau kacu Berbentuk segitiga kain berwarna merah putih yang terletak di leher atau dada..
  4.  Cikal Gambar tunas kelapa yang berwarna hijau untuk pramukasiaga,warna merah untuk pramuka penggalang,warnacokelat untuk pramuka penegak,dan warna hitam untuk seorang pembina. Cikal ini terletak di saku sebelahkanan 
 

TINGKATAN DALAM PRAMUKA
  1. Siaga
  2. Penggalang
  3. Penegak 
TINGKATAN SIAGA
Siaga terbentuk pada tanggal 20 Mei 1908 terdiri dari 3 tingkatan :
  1. Siaga Mula : Kader-kader bangsa yang baru tumbuh dan memulakan cita – citanya.
  2. Siaga Bantu : Kader-kader bangsa dan bisa meramu kader – kader bangsa yang sudah di siagakan.
  3. Siaga Tata : Siaga itu harus bisa menata hidupnya sendiri dan bisa menata apa yang ia cita – citakan.
TINGKATAN PENGGALANG

Terbentuk pada tanggal 28 oktober 1928 terdiri dari 3 tingkatan :
  1. Penggalang ramu Kader – kader bangsa yang sudah di siagakan dan bisameramu untuk cita – cita yang lebih tinggi.
  2. Penggalang rakit Sesudah meramu ia harus bisa juga dirakit dengan jalanyang lebih tinggi.
  3. Penggalang terap Jalannya cita – cita yang tinggi, baru bisa meramuditerapkan untuk penggalang kader – kader bangsa yangsudah siap siaga.
TINGKATAN PENEGAK 

Penegak terbentuk pada tanggal 17 agustus 1945 terdiri dari 3 tingkatan :
  1. Penegak bantaraPenggalangan kader – kader bangsa yang sudah siapsiaga dan ia harus di ikuti atau di bantarai oleh kader –kader bangsa yang sudah terampil.
  2. Penegak laksanaPenegak yang sudah di bantarai hanya dilaksanakandengan tenaga yang terampil.
  3. Penegak pandegaPenegak yang harus berdiri sendiri dan sudah bisadilaksanakan dengan tenaga yang terampil.



  
RANGKUMAN

  • Mayjen robert steven smith lord baden powel of gil well.Lahir pada tanggal 22 februari 1857 di London.Wafat pada tanggal 08 januari 1941. Ayahnya bernama Baden Powell, Ibunya bernama Saeg Labbe.
  • Istrinya bernama Olave st clair soames. Adiknya bernama Agnes.
  • Bapak pandu Indonesia bernama Sri SultanHamengkubuwono IX.
  • Pencipta nama pramuka adalah Ir. Juanda.
  • Pencipta lambang cikal adalah Sunarjo Admodiporo padatanggal 14 Agusstus 1961.
  • Penemu morse adalah Samuel Finley Blease Morse padatahun 1837 dan digunakan pada tahun 1857. Ia lahir di AS pada tanggal 27 April 1796.
  • Bapak palang merah sedunia adalah Hendri Dunant.
  • Bapak pramuka Indonesia adalah K.H Agus Salim.
  • Bapak koperasi indonesia adalah Moh. Hatta.
  • Golongan siaga berusia :7-10 tahun.
  • Golongan Penggalang Berusia : 11-15 Tahun
  • Golongan Penegak berusia : 16-20 Tahun
  • Golongan Pandega Berusia : 21-25 Tahun
  • Kepanjangan BANTARA : Bantuan Terhadap Rakyat
  • Kepanjangan LAKSANA : Laksanakan Dengan Bijaksana
  • Kepanjangan PANDEGA : Pembangunan Desa dan Negara

Kiasan Lambang
  • Bintang : melambangkan ketuhanan yang maha esa.
  • Kelapa yang menghadap kekanan : melambangkanbahwa penegak tersebut bisa mengintropeksi dirinya sendiri.
  • Kelapa yang menghadap kekiri : melambangkan bahwa penegak tersebut sudah bisa turun ke masyarakat.
  • Warna hijau : melambangkan kesuburan alam Indonesia.
  • Warna kuning : melambangkan kekayaan alam Indonesia.
 
PROFIL LORD BADEN POWELL

  • Nama Lengkap : Robert Stephgenson Smyth Baden Powell
  • Panggilan : Baden Powell
  • Nama Kecil : Stephenson
  • Tempat, Tanggal Lahir : London, 22 Februari 1857
  • Wafat : Nyeri, Kenya pada 8 Januari 1941
  • Nama Ayah : Prof. Domine Baden Powell
  • Nama Ibu : Miss Saeg Labbe
  • Nama Saudara :
  1. Warrington
  2. George
  3. Augustus
  4. Frank,Penrose
  5. Agnes
  6. Henrietta
  7. Jessiedan Baden
  8. Fletcher
  • Nama Istri : Olave St. Clair Soames
  • Anak-Anak :
  1. Peter
  2. Heather
  3. Betty
Semoga Dapat Bermanfaat Buat Saudara-saudara Sekalian
Hormat Saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar